Tuesday, November 18, 2014

Menganalisis New Media



Saya akan menganalisis New Media yang baru maupun yang sudah lama dan masih populer. diantaranya adalah seperti dibawah ini 
  • FACEBOOK
Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Beberapa fitur-fitur Facebook :
  1. Wall : adalah ruang di setiap halaman profil pengguna yang memungkinkan teman-teman mengirimkan pesan ke pengguna agar dibaca sekaligus menampilkan waktu dan tanggal pesan ditulis.
  2. Status Update : Facebook memiliki fitur bernama “status update” (atau “status” saja) yang memungkinkan pengguna mengirimkan pesan ke semua teman mereka agar dapat dibaca.
  3. Photo Tagging : yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
  4. Chat : pengguna facebook dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya melalui fitur chat. Apabila status seseorang “online” maka anda langsung dapat bercakap-cakap dengannya.
  5. Games : ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
  6. Notification : memberikan notifikasi kepada pengguna mengenai update-update terbaru yang berkaitan dengan akun facebook-nya.
  7. Friend Request : seorang pengguna dapat meminta kepada pengguna lainnya untuk ditambahkan ke dalam daftar teman facebook-nya dengan mengirimkan friend request, dan hal tersebut dapat diterima maupun ditolak.
Kelebihan Facebook :
  1. Tampilannya lebih sederhana dan clean, tidak banyak iklan yang dipajang disana-sini, hanya ada dua iklan saja yang otomatis berubah.
  2.  Memiliki fasilitas tag foto, jadi dalam sebuah foto kita bisa memberikan keterangan pada foto tersebut, ketika kursor mouse kita arahkan tentu saja akan berisi keterangan mengenai apa yang ada dalam foto tersebut, seperti nama masing-masing orang yang ada dalam foto.
  3. Memiliki aplikasi yang jumlahnya cukup banyak contohnya seperti Games.
  4. Memiliki fasilitas chat, kita bisa chat secara langsung dengan teman kita kalau sedang online.
  5. Pemakaiannya gratis dan tanpa batasan.
  6. Facebook dapat digunakan untuk tempat bisnis, terlebih untuk kita yang ingin berbisnis di Media Sosial.
  7. Facebook dapat diakses di manapun anda berada, dan dapat melalui berbagai macam media seperti PC, laptop, netbook, dan handphone sekalipun.
Kekurangan Facebook :
  1. Facebook sangat terkenal sehingga banyak orang yang melakukan plagiat (nama samaran) biasanya mirip selebritis, jadi tidak tahu mana yang asli mana yang palsu.
  2. Facebook menjadi ajang penjualan diri. Maksudnya sering terjadinya orang-orang yang mengupload foto selfie dirinya tidak menutup auratnya.
  3. Sebuah penelitian lebih dari 60% pelajar di Indonesia adalah pengguna facebook dan 75% per harinya mereka akan membuka situs ini, sehingga mengganggu kegiatan belajar mereka.
  4. Facebook acap kali menjadi tempat lahirnya isu-isu sosial, diantaranya melakukan pelecehan melaui status, menghina lewat comment, dll.
  • TWITTER
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut tweets. Tweets adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Pengguna dapat melihat tweets penulis lain yang dikenal dengan sebutan follower. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna.
Beberapa fitur-fitur Twitter :
  1. Tweets : teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna.
  2. Following (yang melakukan disebut Follower) : akun seseorang yang mengikuti (menjadi follower) akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utamanya.
  3. Mentions : biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
  4. Hashtag : ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
  5. Trending Topic : topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Kelebihan Twitter :
  1. Twitter adalah sebuah layanan gratis dan sederhana untuk menyiarkan status singkat melalui Internet. Karena singkat, status Twitter dapat dikirim melalui e-mail, SMS, dan jejaring sosial.
  2. Untuk menuliskan status Twitter, seseorang harus memiliki akun. Namun setelah memiliki akun, untuk menulis status atau tweet dapat melalui banyak program untuk berbagai perangkat, tidak harus melalui twitter.com.
  3. Status Twitter dapat langsung diumumkan ke seluruh pemakai Twitter. Beda dengan status Facebook yang hanya dapat dilihat oleh pengguna yang sudah menjadi teman. Itulah sebabnya kini Twitter banyak dipakai oleh para politisi, perusahaan, bahkan pemerintah (tapi di negara lain lho).
  4.  Alat komunikasi yang cepat dan tanggap.
  5. Semua orang bisa mengikuti orang lain, kecuali diblokir.
  6. Tak perlu log in untuk mendapatkan update, karena bisa menggunakan pembaca RSS.
  7. Navigasi yang mudah dan tampilan yang sederhana.
  8. Pengguna yang memiliki banyak pengikut, berpotensi mendatangkan iklan, sehingga bisa menguntungkan penggunanya.
  9. Bisa mengganti tema, background, maupun warnanya.
  10. Bebas dari banner iklan
  11. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.
  12. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman
  13. Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
  14.  Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap
Kekurangan Twitter :
  1. 21% dari account Twitter ternyata kosong. Ini merupakan persentase dari account Twitter yang belum pernah diposting satu Tweet. Mereka mungkin juga bisa terdaftar untuk terus menggunakan username terakhirnya, atau hanya account percobaan yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.
  2. Hampir 94% dari seluruh account Twitter hanya memiliki kurang dari 100 follower. Dalam mencari kemungkinan konsisten dengan tool bercorak baru serta fakta bahwa banyak orang mungkin saat ini dapat memiliki account untuk mulai mencoba dengan alat, Sysomos telah menemukan mayoritas pengguna Twitter memiliki followership sangat rendah.
  3. Separuh dari semua pengguna Twitter “tidak aktif.” Jika Kita mengambil gambaran umum menjadi “aktif” di Twitter berarti bahwa Kita telah mengirim Tweet di beberapa titik dalam 7 hari terakhir (1 bulan), maka survei dapat mengetahui bahwa 50,4% dari seluruh pengguna Twitter sesuai dengan kategori ini. Jika ita keluarkan 21% dari point pertama, berarti ini sekitar 30% dari pengguna yang telah memiliki account dan telah melakukan tweet sebelumnya, tetapi yang akan terjadi justru sekarang tidak aktif.
  4. batasan karakter posting box sebanyak 140 karakter merupakan salah satu kekurangan twitter. jika ternyata postingan blog yang akan di-twitter-kan memiliki jumlah karakter judul dan permalink yang melebihi 140 terpaksa harus menggunakan fasilitas url shortener gratisan yang banyak disediakan web untuk memperpendek jumlah karakter permalink.
  • PATH
Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada telepon pintar yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan.Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: “Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu.”

 

Beberapa fitur-fitur pada Path

1.      Profil  : Fitur Profil memungkinkan pengguna Path untuk mengatur tampilan dari halaman Path. Selain dapat mengubah gambar yang menjadi gambar profil, pengguna juga dapat mengubah gambar dari latar belakang halaman Path pengguna.
2.      Belanja : Fitur belanja merupakan fitur terbaru yang diluncurkan oleh Path yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh stiker yang dapat digunakan dalam mengirim pesan.
3.      Mengunggah Foto dan Video : Pengguna dapat mengunggah foto dan juga video untuk berbagi dengan pengguna lain. Proses pengunggahan foto dapat melalui proses edit terlebih dahulu dengan filter foto yang tersedia.
4.      Mengunggah Lokasi : Path memungkinkan pengguna untuk membagikan lokasi berada dengan pengguna lain.

5.      Musik, Film, Buku : Pengguna Path dapat membagikan musik yang sedang mereka dengar, film yang sedang ditonton, atau buku yang sedang dibaca oleh pengguna sendiri kepada pengguna lainnya.

6.      Mengunggah Status : Untuk mengunggah status yang diinginkan dengan menggunakan huruf serta emoticon yang ada.
7.      Tidur : Pengguna sedang tidur dan dapat menghitung jangka waktu dari saat tombol tidur ditekan sampai tombol bangun ditekan kemudian.
8.      Mengirim Pesan Kepada Pengguna Lain : Fitur ini merupakan salah satu fitur terbaru Path di mana pengguna dapat mengirim pesan secara pribadi kepada pengguna lain.
9.      Komentar : Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah komentar untuk setiap momen dari pengguna lain yang telah menjadi teman.
10.  Terlihat : Fitur ini memberikan pengguna informasi atas berapa banyak dari pengguna lain yang telah melihat momen yang diunggah pengguna.

Kelebihan PATH 
     1.   Kita bisa sharing apa saja yang kita mau, maupun itu lagu, curhatan, foto, tempat/lokasi kita  berada
     2.  Path bersifat privasi, tidak seperti facebook dan twitter.

     3.  Path memiliki 8 Free Filter Lenses utk mempercantik foto/video
     4.  Memiliki fitur chat
     5.  Path memunculkan notifikasi jika ada yang mengunjungi profil kita

Kekurangan PATH :
        Path hanya membatasi 150 teman
  • YOUTUBE

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. YouTube didirikan pada Februari 2005 oleh tiga orang bekas karyawan PayPal: Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Hurley pernah belajar tentang reka bentuk di Universitas Indiana Pennsylvania. Sementara itu, Chen dan Karim sama-sama belajar komputer sains di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.
Beberapa fitur-fitur YouTube :
  1. Playback : anda dapat memutar video-video pada situs YouTube dengan bebas.
  2. Upload Video : anda dapat mengupload video ke situs ini dengan batasan maksimal 15MB per video, namun apabila anda memiliki track record yang bagus ada kemungkinan YouTube akan menawarkan kapasitas upload yang tidak terbatas kepada anda.
  3. Quality & Codecs : YouTube menyediakan range yang luas dalam kategori kualitas dan codec dari video-video yang terdapat di dalamnya.
  4. 3D Video : saat ini YouTube telah menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk dapat mengupload video dalam format 3D.
Kelebihan YouTube :
  1. Bisa melihat dan mengupload video yang kita sukai.
  2. Sebagai ajang promosi diri.
  3. Bisa mendownload setiap video.
  4. Koleksi video yang sangat banyak.
  5. Pilihan resolusi video yang beragam.
Kekurangan YouTube :
  1. Bisa disalahgunakan penggunanya.
  2. Banyak informasi yang menyesatkan.
  3. Banyak negara yang memblok Youtube.
  4. Tidak cocok untuk koneksi Internet yang terbatas / lambat.
  • GOOGLE Plus

Google+ atau Google Plus adalah jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ diluncurkan pada 28 Juni 2011 dengan sistem undangan untuk diuji coba.

Beberapa Fitur-fitur pada Google Plus :

  1. "Circles" memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi, across various Google products and services. Meskipun pengguna lain dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat nama-nama lingkaran mereka.
  2. "Messenger"(sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.
  3. "Hangouts" adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video
  4. "Instant Upload" khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.
  5. "Sparks" adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain.
  6. "Streams," Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.
  7. "Games", 16 permainan telah dirilis pada bulan Agustus.
Kelebihan Google Plus :
1. Ada fasilitas Repost yang memiliki istilah Reshared, jadi kita langsung bisa mengutip sebuah status dari teman yang ada pada circle kita. Ini mirip seperti Retweet di Twitter
2. Atur status Status yang kita buat bisa diatur apakah itu tidak boleh dishare kembali atau tidak boleh dikomentari.
3. Terdapat fasilitas Hangouts yang memungkinkan pengguna video chat dengan temannya.
4. Mode huruf beragam di Google+ bisa menulis sebuah status dengan mode miring, coret, atau tebal.
Kekurangan Google Plus : 
            1. Dengan koneksi internet yang lambat, akan sulit mengakses akun google plus.
2. Banyak fitur yang sama seperti yang sudah dimiliki oleh pendahulunya, facebook.
      3. Popularitas google plus menurun dibandingkan awal-awal diluncurkannya layanan ini. 

saya akan memberikan sebuah video cara mudah menggunakan TWITTER dibawah ini adalah videonya. Thanks buat yang mengupload videonya


id.wikipedia.org

·       

0 comments:

Post a Comment

link exchange