Monday, September 29, 2014

New Media atau Media Baru

Definisi New Media
   New Media atau bisa disebut juga Media Baru istilah yang dapat kita artikan adalah kemunculannya media-media baru di akhir abad-20 ini. Komponen-komponen seperti perangkat internet, digital, komputer, serta yang baru adalah Smartphone/ Handphone pintar. Smartphone dizaman modern ini tidak hanya untuk berkomunikasi saja tapi smartphone ini sangatlah berperan penting dalam hal menjalankan bisnis dan mendapatkan informasi.

    Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak adalah Internet. 

Pandangan New Media
      Menurut saya pribadi pandangan New Media adalah Tekonlogi yang tidak terikat jarak dan waktu dalam arti kita bebas untuk berekspresi di media dan mendapatkan segudang informasi asalkan kita menggunakannya dengan hal-hal yang positif saja. 
       Dalam perkembangannya "Media Baru" bisa memberikan dampak negatif pula, seperti membuka situs-situs yang bisa menghancurkan moral anak bangsa, kejahatan, dan menyalahgunakan sebagai alat hacker. Oleh karena itu pemerintah berperan penting untuk memantau perkembangan Media Baru ini seperti internet agar situs-situs yang berbau porno di block saja.

Manfaat New Media
            Tentu kita tau banyak sekali manfaat "Media Baru" sekarang seperti :
1. Manfaat new media di bidang pendidikan
     Dalam pemanfaatan di bidang pendidikan ini, tentu kita sebagai Pelajar Maupun Mahasiswa memanfaatkan New Media ini sebagai sarana pembelajaran dan membantu dalam proses mengerjakan tugas maupun bertukar informasi. adanya E-book memudahkan kita sebagai belajar untuk menambah materi.
2. Manfaat new media di bidang industri
     Kurangnya lapak dan sempitnya untuk berjualan, New Media dimanfaatkan sebagian pengusaha sebagai ladang bisnis. Oleh Karena itu pembisnis sekarang berbondong-bondong membuat iklan di media semanarik mungkin agar pengusaha mendapatkan keuntungan dari duarah dialog dengan  konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi New Media dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak. Website interaktif dan kios telah menjadi populer.
3. Manfaat new media di bidang social
      Banyaknya figur-figur penting seperti Kepala Pemerintahan dan Selebrity memanfaatkan New Media sebagai sarana untuk bersosialisasi seperti Facebook dan Twitter. Dengan adanya media sosial ini kegiatan menjalin komunikasi dapat lebih mudah dan cepat.

Komponen New Media
      Komponen-kompenen New Media adalah : Internet, Laptop, Tab, dan Smartphone. Namun diantara ke-empatnya yang paling diminati adalah Smartphone karena handphone pintar ini bisa dibawa kemana-mana dan smarthphone sudah memiliki aplikasi yang dapat mengakses beberapa jejaring sosial seperti : Facebook, Twitter, Instagram, dan yang baru adalah Path.

Contoh Aplikasi New Media
 1. FACEBOOK



Facebook adalah sebuah Web Jejaring sosial yang mempertemukan orang-orang diseluruh dunia, saat ini hampir semua pengguna internet di Indonesia atau bahkan di Dunia ini menggunakan atau memiliki account facebook, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jejaring social ini telah membuat para penggunanya terjipnotis dan asiiik dengan aplikasi-aplikasi yang diberikan/disediakan, seperti melengkapi kekurangan jejaring social sebelumnya yang juga cukup banyak digunakan yaitu Friendster.

2. WIKIPEDIA


Banyak yang menyebut wikipedia sebagai ensiklopedi online. Dari halaman prihalnya terdapat keterangan bahwa Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

3. G+ ( GOOGLE PLUS )


Google+ adalah jejaring sosial baru yang diluncurkan oleh raksasa internet, google. Tentu saja hal ini dilakukan untuk mengikis dominasi Facebook yang sangat berjaya di dunia jejaring sosial dalam beberapa tahun ini. Google plus sebenarnya adalah usaha kesekian google untuk melawan facebook setelah sebelumnya mencoba menelurkan google wave, google buzz dan orgut namun hal tersebut sepertinya sia-sia karena respon pengguna internet sangat minim dan nampaknya masih lebih setia menggunakan facebook daripada produk-produk google tersebut.





0 comments:

Post a Comment

link exchange